Sabtu, 26 November 2011

Poster persuasi untuk kelaparan di dunia

Kelaparan di dunia sebagai isu global dikarenakan hampir seluruh masyarakat di dunia yang kurang mampu mengalami kelaparan. Di negara kita yaitu Indonesia juga mengalami krisis kelaparan dan menurut GHI atau Global Hunger Index, Indonesia masuk dalam tingkat yang sangat serius.
GHI membuat lima kategori untuk negara yang masih mengalami masalah kelaparan atau gizi buruk yakni sangat menghawatirkan, mengkhawatirkan, serius, dan rendah. Sangat menghawatirkan adalah dimana penduduk menderita penyakit yang sangat berbahaya seperti bisa mengalami kebutaan karena kelaparan di dunia dan berdampak kematian. Menghawatirkan adalah disaat dimana warga negara yang terkena kelaparan menderita penyakit seperti gizi buruk, negara yang terkena mengalami krisis cadangan makanan dan lain-lain. Sedangkan kalau di tingkat serius contohnya adalah hanya baru ada gejala-gejala yang besar yang sudah ingin terkena kelaparan dan yang terakhir rendah yaitu hanya baru gejala-gejala yang masih kecil. Contoh kasus benua yang terkena kelaparan dunia di antara lain ada Benua Asia yang korbannya mencapai 642 juta orang karena di Asia terjadi banyak kasus seperti status gizi yang sangat rendah, dan pendidikan  yang kurang menjadi faktor utama kelaparan di Asia.


Di Benua Afrika, korban kelaparan dunia mencapai 307 juta orang yang terkena korban kelaparan. Penyebab kelaparan di Afrika adalah dikarenakan efektivitas pemerintah yang rendah, konflik di negara itu, tidak stabilnya perekonomian di Afrika dan yang terakhir adalah banyaknya terjadi HIV dan AIDS.
Ternyata di Benua Amerika juga terjadi kelaparan yang korbannya berjumlah 53 juta orang. Penyebab kelaparan di Benua Amerika adalah iklim yang sangat panas di negara tersebut, terlalu  banyak penduduk yang hidup di Benua Amerika.
Faktor penyebab terjadi kelaparan di dunia adalah bergantinya iklim yang tidak teratur dapat  mengakibatkan tanaman yang ditanam atau padi tidak dapat berkembang dengan sempurna atau tidak dapat hidup menghasilkan nasi untuk makanan manusia sehari-hari.
Faktor penyebab terjadinya kelaparan di dunia yang kedua adalah perokonomian di suatu negara mengalami penurunan yang tajam. Ini dikarenakan negara mempunyai utang kepada negara lain atau tidak banyaknya pengangguran di suatu negara dan kurangnya lapangan pekerjaan. Sebagai contoh adalah di negara kita sendiri yaitu Indonesia. Di Indonesia, iklim kadang-kadang kurang jelas kadang panas dan kadang hujan. Inilah penyebab tumbuhnya tanaman padi kurang sempurna dan tidak bisa menghasilkan nasi untuk kita konsumsi sehari hari.


Sedangkan contoh dari perekonomian adalah di Amerika. Di Amerika, utang negara mereka semakin menumpuk karena Amerika tidak bisa mengontrol perekonomian mereka sendiri dengan baik, banyaknnya meminjam uang ke negara lain dan sebagian warga negaranya tidak sanggup membayar pajak yang tinggi di negara tersebut.

Dampak atau efek dikarenakan kelaparan dunia sangat banyak. Sebagai contoh dampak untuk warga negara yang terkena kelaparan di dunia adalah terkenanya berbagai macam penyakit yang menyerang tubuh warga negara setempat dan yang terakhir adalah dampak yang paling parah untuk warga negara yaitu kematian karena tidak makan berhari-hari yang mengakibatkan tubuh menjadi kurus kering, masuknya berbagai penyakit ke dalam tubuh warga dan berakhir dengan meningkatnya jumlah kematian yang meningkat dan yang terakhir adalah dampak untuk suatu negara karena kelaparan di dunia adalah perekonomian negara akan terus menurun, warga negara akan berkurang karena kematian yang disebabkan oleh kelaparan.Warga negara akan mengajukan protes kepada pemerintah negara yang terkena kelaparan karena cadangan makanan sudah berkurang bahkan habis.



Untuk mengurangi masalah kelaparan di dunia pemerintah negara dan warga yang terkena kelaparan harus mengetahui bagaimana caranya. Untuk pemerintah banyak cara untuk mengatasi masalah ini yaitu harus memurahkan harga-harga makanan agar warga yang kurang mampu bisa membeli makanan dan tidak ada masalah kelaparan lagi, pemerintah juga harus memberi program gratis makanan untuk warga yang kurang mampu. Selain itu pemerintah juga harus menaikan dan menstabilkan perekonomian negara yang terkena musibah kelaparan, dan yang terakhir adalah pemerintah harus membuat program seperti program keluarga berencana agar pertumbuhan manusia tidak terlalu melonjak dan agar warga yang kurang mampu tidak repot kalau mempunyai anak banyak. Bagi warga negara, warga negara harus ikut membantu meningkatkan perekonomian negara agar utang negara tidak terlalu menumpuk, bekerja dengan giat dan serius agar dapat membiayai keluarga agar tidak miskin dan memajukan pendidikan kita sendiri. Marilah kita berantas krisis kelaparan di dunia ini agar penduduk di dunia ini tidak banyak meninggal dan hidup tentram, damai.

1 komentar: